Thursday, April 23, 2015

Meningkatkan latihan dengan ujian sku


                                instrusi foto : ujian sku 


Mamuju, - (21/04) - Gugus Depan ( GUDEP) Pangkalan MTSN Binanga  Mamuju melaksanakan  Ujian SKU  selama 3 hari 17 S/d 19 April 2014  di lapangan sekolah MTSN Binangan Mamuju , kec. Mamuju.

Setelah beberapa kali latihan setiap jum’at sore Anggota  Pramuka dituntut oleh kakak Pembina agar menyelesaikan uji SKU (Syarat Kecakapan Umum) dan SKK (Syarat Kecakapan Khusus) sesuai dengan tingkatan-tingkatannya masing-masing.
Kegiatan Ujian SKU ini bertujuan mengevaluasi sekaligus kenaikan tingkat Pramuka Penggalang Ramu,  Rakit  dan Terap.

Adapun Ujian SKU yang harus di selesaikan oleh tingkat penggalang Ramu antara lain Hafal dan mengerti isi Dasadharma dan Trisatya, mengetahui arti lambang Gerakan Pramuka, dapat dengan hafal menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Hafal pancasila dan tahu artinya.

Adapun tes untuk penggalang Rakit antara lain Bersungguh-sungguh mengamalkan Dasadharma dan Trisatya, Tahu hari-hari raya nasional dan sejarah sedikitnya 3 orang Pahlawan Nasional, mengetahui susunan Pemerintah Daerah Tingkat II sampai ke desa, dapat menyajikan satu macam kegiatan seni budaya, mengetahui adat sopan santun pergaulan Indonesia, dapat memimpin barisan Pramuka, hafal dan dapat membaca doa harian, mengetahui riwayat singkat Nabi Muhammad saw dan lain-lain.

Selain Ujian SKU Anggota  Pramuka MTsN Binanga Mamuju juga di haruskan uji SKK (Syarak Kecakapan Khusus) seperti SKK masak, pengamat, berkebun, sholatS, qori, muadzin, penabung, pengatur rumah, pengatur meja makan, pemimpin menyanyi, penyanyi, juru gambar dan lainj-lain.

Kegiatan Pramuka di MTsN Binanga Mamuju ini sangat di dukung oleh Kepala Madrasah (Sumiati S.Ag) sekaligus sebagai ka Mabigus. Beliau berharap, Kegiatan Pramuka diajarkan sesusai dengan aturan pelajarannya. Bahkan beliau berpesan kepada Pembina Pramuka agar lebih meningkatkan aktivitas pramuka.

“Kalau anak-anak sudah memenuhi materinya nanti dalam pelatihan, kita akan adakan perkemahan di luar dan menguji hasil pemahaman materi pramuka selama ini yang mereka dapat, dan saya siap mendukung kegiatan tersebut. Sebab kegiatan Pramuka adalah salah satu program Pemerintah untuk menjadikan generasi muda berjiwa patriotisme dan berjiwa sosial nantinya,” uangkap beliau. (LPM01)

0 comments:

Post a Comment